Sony Bantu Developer Kembangkan Pasar Di China

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Sony Interactive Entertainment (SIE) tengah melakukan inkubasi kepada Pengembang game di China serta berencana untuk melanjutkan kembali program jangka panjangnya yang berjudul China Hero Project yang sempat terhenti akibat pandemi Covid-19.

China Hero Project sendiri merupakan program yang diinisiasi oleh Sony sejak 2017 dan ditujukan untuk Pengembang di China yang bertujuan agar dapat bersaing di kancah internasional dalam rangka mensukseskan industri video game di China. Saat ini China Hero Project telah memasuki tahap ketiga setelah penundaan tersebut.

Pada fase pertama dan kedua di 2017 dan 2019, sudah ada tujuhbelas judul yang masuk di Proyek ini, tujuh diantaranya telah laris di pasaran.

Kembali Lanjutkan China Hero Project, Sony Keluarkan Milyaran Yuan Untuk Biayai Pengembang Di China

Dilansir dari Reuters, menurut Direktur Sony China, Bao Bao mengatakan bahwa Sony mengalokasikan biaya sebesar satu Milyar Yuan atau sekitar 2,1 Milyaran Rupiah pada game yang tengah didaftarkannya. Biaya tersebut tidak hanya ditujukan kepada kelas kecil saja, skala besarpun juga akan mendapatkan suntikan dana tersebut. Rencana tersebut telah dipublikasikan melalui livestream di kota Chengdu, Republik Rakyat Tiongkok pada hari Selasa yang lalu.

Baca juga: Sony Dan Honda Kolaborasi Ciptakan Mobil Listrik Yang Terhubung Dengan PS5

Bao juga mengatakan kepada Reuters bahwa fase ini akan jauh melebihi kedua fase sebelumnya. Dikarenakan Sony siap menerbitkan beberapa game termasuk kedua game dari fase pertama dan kedua Lost Soul Aside dan Convallaria. Bao melanjutkan bahwa ia akan menargetkan game yang akan disertakannya sebanyak 10 atau lebih judul di fase ini. Bao juga mengatakan bahwa seluruh genre boleh diikutsertakan di fase ketiga ini.

Lirik Kesuksesan Genshin Impact, Ini Strategi Yang Diterapkannya Kepada Pengembang Di China

Sony IE
Sony Interactive Entertainment

Pada beberapa waktu yang lalu, Microsoft kepada pengembang Genshin Impact, Mihoyo berencana untuk memasukkan game tersebut secara eksklusif di Xbox, namun kesepakatan tersebut berujung kegagalan. Tidak mau menyerah begitu saja, Microsoft pun melakukan langkah lainnya dengan memberikan penawaran Xbox Game Pass dengan jumlah besar secara agresif.

Namun pendekatan yang dilakukan oleh Sony jauh berbeda, ia justru membentuk tim yang secara khusus untuk mengawasi game buatan mereka yang dinamai “China Game Production” tim tersebut saat ini telah memperkerjakan karyawannya sebanyak 100 orang.

Presiden Sony Shanghai, Tatsuo Eguchi mengatakan bahwa game – game asal China begitu berpengaruh secara signifikan dalam industri hiburan serta kreativitas yang dibawakannya juga tidak diragukan lagi, pasca kesuksesan Mihoyo pada Genshin Impactnya, ia juga menambahkan bahwa Sony juga bermitra dengan pengembang tersebut.

Strategi lainnya yang diterapkan oleh Sony adalah menjual lebih banyak konsol Playstation, dilaporkan bahwa sebanyak 3,5 juta unit Playstation 4 dan 670 ribu unit Playstation telah terjual di China oleh CEO Sony. Ia yakin bahwa penjualan yang dilakukan olehnya dapat menyukseskan rencana yang digagasnya sebelumnya.