Amazon Prime Video ad-supported

Amazon Prime Video Dilaporkan Bakal Dapat Tier dengan Iklan

GAMEFINITY.ID, Bandung – Amazon Prime Video kini tengah dikabarkan mempertimbangkan untuk menawarkan tier atau paket dengan iklan. Perusahaan e-commerce raksasa itu dipercaya mengincar lebih banyak pendapatan dari iklan melalui layanan hiburannya.

Langkah serupa sebelumnya sudah diterapkan oleh berbagai layanan streaming pesaing akhir-akhir ini, yaitu Netflix, Disney+, dan Max (sebelumnya HBO Max). Saat ini, Amazon menawarkan layanan Prime Video sebagai bagian dari keanggotaan Prime seharga US$14,99 per bulan atau secara terpisah dengan harga US$8,99 per bulan. Di Indonesia, harga berlangganan Prime Video dibanderol senilai rp59.000 sebagai promo hingga 31 Desember 2023.

Amazon Prime Video Akan Menambah Paket dengan Iklan?

Berbagai sumber terdekat melaporkan pada The Wall Street Journal bahwa perusahaan e-commerce rakasa itu tengah dalam tahap awal pertimbangan untuk menghadirkan tier atau paket dengan iklan di Amazon Prime Video. Dipercaya percakapan itu sudah terjadi selama beberapa minggu.

Amazon dilaporkan meraup US$9,5 miliar dalam penghasilan iklan pada kuartal pertama. Ini menjadikannya sebagai perusahaan dengan penghasilan iklan digital terbesar di Amerika Serikat setelah Google dan Meta.

The Wall Street Journal juga mencatat bahwa pengiklan ingin akses pada film dan serial televisi premium yang biasanya bebas iklan. Konten premium seperti itu biasanya mengundang perbincangan publik

Amazon saat ini tengah mempertimbangkan berbagai cara untuk meletakkan iklan di Prime Video. Contohnya memperlihatkan lebih banyak iklan pada pelanggan Prime lama dan menawarkannya opsi alternatif bebas iklan dengan biaya tambahan. Jeda iklan tersebut diharapkan akan pendek, namun belum diketahui durasinya secara pasti.

Lebih menariknya lagi, Amazon juga dilaporkan tengah dalam diskusi dengan Warner Bros. Discovery dan Paramount untuk menawarkan Max dan Paramount+ versi dengan iklan melalui Prime Video Channels. Pengguna dapat menggunakan Prime Video Channels untuk berlangganan serangkaian layanan streaming lainnya yang tersedia.

Baca juga:

Amazon sudah Hadirkan Beberapa Serial Original di Freevee

Amazon Prime Video Thursday Night Football

Amazon sebenarnya memiliki pengalaman dalam menawarkan program dengan iklan. Mereka memiliki Freevee, layanan AVOD (ad-supported video on demand) besutannya. Bahkan, program olahraganya seperti Thursday Night Football dari NFL di Amazon Prime Video, juga mengandung iklan.

Amazon Prime Video Freevee

Terlebih, beberapa konten original Amazon Prime Video seperti Mozart in the Jungle, Bosch, dan tiga episode pertama The Terminal List sudah tersedia di Freevee. Layanan streaming gratis itu akan menambah season pertama dari The Wheel of Time sebelum season keduanya tayang perdana di Amazon Prime Video.

Baca juga:

Hadirnya paket dengan iklan mungkin dapat membantu Amazon. Seperti perusahaan teknologi dan hiburan lainnya, perusahaan e-commerce raksasa itu tengah menghadapi serangkaian PHK dan kondisi ekonomi yang tidak menentu. Amazon saat ini menolak berkomentar tentang kabar paket dengan iklan di Amazon Prime Video.