GAMEFINITY.ID, JAKARTA – Pernah mendengar istilah don’t judge by it’s cover kan? Dalam dunia kepenulisan seperti berita , karya ilmiah, cerpen, dan lain sebagainya judul selalu saja menjadi bagian yang krusial.
Selalu, judul menjadi hal yang pertama dilirik. Isi konten walaupun bagus namun tidak dibarengi dengan judul yang menarik tentu kurang begitu diminati.
Begitu pula dengan dunia jurnalistik dimana judul berita selalu menjadi pusat perhatian para pembaca. Terkadang pula masih banyak jurnalis maupun content creator yang pikirannya terhenti begitu saja hanya karena belum menemukan judul berita yang cukup menarik perhatian pembaca.
Berikut lima tips menulis judul yang menarik perhatian pembaca, wajib disimak karena ini merupakan kemampuan dasar ketika kalian menjadi penulis berita nantinya.
Baca juga:
Buatlah Judul Yang Membuat Penasaran Pembaca, Hindari Klikbait Atau Misleading
Teknik penulisan judul pertama yang perlu diketahui yakni membuat judul yang sekiranya sulit ditebak sehingga memancing rasa penasaran bagi para pembaca.
Kemampuan kalian dalam bermain kata juga berperan di teknik penulisan berita ini seperti “Nasib Satoru Gojo Akhirnya Terjawab di Chapter 233 Komik Jujutsu Kaisen”
Sebisa mungkin hindari judul berita yang klikbait atau menyesatkan, memang sebagian besar masyarakat kita menyukai sesuatu yang heboh.
Namun bila terlalu sering membuat berita-berita yang menyesatkan, tidak hanya merusak reputasi baik penulis, namun portal / media tempat penulis bekerja.
Kalian juga bisa menunjukkan keunikan atau kelebihan subjek dimana dapat menambah value judul yang kalian tulis.
Fokus Pada Kata Kunci Yang Digunakan
Hal kedua ini juga penting untuk disimak, yakni tetap menggunakan kata kunci yang relevan dengan isi berita. Untuk menemukan kata kunci kalian bisa mendapatkannya melalui subjek atau objek utama pada artikel dibahas .
contoh: Spesifikasi utama Laptop Lenovo Ideapad 3i, nah kata Lenovo dan Laptop inilah yang akan menjadi keyword. Selain itu Penggunaan kata kunci juga memengaruhi SEO pencarian kalian.
Jangan Dijawab di Gambar Untuk Penulisan Judul
Selanjutnya hindari menulis judul berita berdasarkan apa yang sudah diketahui di gambar. Seperti pada tips pertama membuat judul berita jika sudah diketahui melalui gambar membuat pembaca tak lagi tertarik dengan isi konten kalian.
Ketentuan Menulis Judul dan Tanda Baca Yang Wajib Kalian Tahu
Dalam penulisan berita baik Listicle, hardnews, ataupun informasi ringan seperti hiburan, ada beberapa ketentuan yang wajib diketahui. Pertama jumlah karakter untuk judul berita itu sendiri.
Adapun besaran karakter tergantung kebijakan pihak CMS (Content Management System) masing-masing platform atau portal ya. Nah CMS inilah yang akan mengatur SEO dan Meta description kamu.
Namun standar rata-rata yang ditetapkan antara 80 sampai dengan 90 karakter. Beberapa diantaranya bahkan lebih atau kurang seperti harian Yoursay milik Suara.com yang menetapkan 75 karakter per artikel berita.
Selanjutnya, penggunaan tanda baca juga perlu kalian perhatikan. Penempatan tanda baca yang tak sesuai juga dapat menimbulkan kesalahpahaman ketika kalian menyampaikannya.
Untuk menghindarinya perhatikan mana yang seharusnya diberi titik, koma, tanda tanya, dan lain sebagainya.
Khusus pengunaan tanda tanya, umumnya digunakan ketika membuat berita yang sifatnya ringan seperti tips dan rekomendasi smartphone. Lalu berita yang bersifat klarifikasi (meluruskan berita yang simpang siur).
Hindari juga penggunaan tanda tanya pada berita yang bersifat opini, hal ini dapat mengakibatkan penggiringan opini yang tentunya melanggar etika jurnalistik dimana berita tidak boleh memihak kaum tertentu
Pahami Tujuh Kaidah News Value
Terakhir News Value, terkadang masih banyak content creator yang belum begitu paham mengenai news value. Membuatnya belum mampu mendapatkan pembaca.
Jadi terdapat tujuh news value diantaranya Impactfulness, dimana judul ini dapat dirasakan oleh pembaca, kemudian timeliness, seberapa aktualkah berita tersebut, umumnya digunakan pada berita yang masih hangat atau viral dan diup saat itu juga, lalu Proximity.
Pada proximity, perhatikan target pembaca yang dituju. Apakah sesuai dengan target atau tidak, Keempat Prominence dimana subjek berpengaruh yang relate dengan isi konten tersebut.
Perhatikan berita yang paling banyak menarik perhatian pembaca mayoritas membahas sosok atau kelompok populer seperti hasil pertandingan EVOS Legend vs RRQ dimana keduanya merupakan grup Esport dengan fanbase terbesar di Indonesia.
Kelima oddity dimana hal yang tak lazim dari subjek konten diekspos ke publik. Perlu diketahui bahwa masyarakat kita selain menyukai sesuatu yang kontroversial (nanti dibahas di paragraf berikutnya), juga menyukai sesuatu yang unik.
Lalu conflict, news value ini tidak perlu dijelaskan lebih detail mengingat hal-hal berbau drama dan kontroversi disukai oleh masyarakat kebanyakan terlebih bila subjek yang terlibat merupakan sosok yang berpengaruh.
Terakhir helpfulness yang diisi dengan berbagai tips dan trik serta informasi rekomendasi yang menjadi solusi bagi pembaca yang kebingungan memilih game ataupun gadget terbaru. Nah, demikian lima tips membuat judul berita yang menarik pembaca.